Saturday, January 12, 2013

Radikal Honesty

         Katakan apa yang ingin anda katakan walau sebenarnya pahit. Ya, kalimat itu merupakan gambaran dari pentingnya sebuah elemen kehidupan  yang disebut kejujuran. Kejujuran komponen penting dalam menjalani kehidupan. Jujur memang mudah dibicarakan, tapi sangat sulit dilaksanakan. Namun apabila anda mampu anmenerapkan kejujutan , sikap yg sudagh langka sekarang ini akan membawa suatu konsekuensi yang baik pada diri kita.     Bagaimana dengan Radical Honesty? apakah penerapan teknik ini akan membawa pelakunya pada kebaikan atau mungkin hanya akan mendatangkan kegelisahan? 
          Menurut Dr Brad Blanton, penulis buku Radical Honesty: How To Transform Your Life By Telling The Truth, radical honesty adalah suatu teknik dan program pengembangan diri. Program ini menyatakan bahwa berbohong adalah sumber stres dari orang2 masa kini. Mereka dapat menjadi lebih bahagia dengan menjadi jujur, termasuk untuk hal yg bersifat menyakitkan dan tabu. Ciri dari teknik ini biasanya mereka menyatakan perassan secara terus terang, langsung, dan dengan cara yg biasanya dianggap tidak sopan. Contohnya, "Aku muak dengan anda untuk X."   X adalah pernyataan observasi yg obkjektif tentang seseorang. Orang yang berlatih radical honesty menjalankan teknik menggeser norma2 yg dapat diterima dengan tujuan memiliki hubungan yg lebih jujur dengan diri mereka sendiri dan orang lain.
          Kita sebagai manusia adalah makhluk yang penuh kebohongan. Kita memanipulasi setiap keadaan karena takut menyinggung perasaan orang lain , takut tidak mendapatkan apa yg kita inginkan, dan sudah tentu untuk memuluskan berbagai kondisdi yg sedang kita hadapi. Yang menyedihkan adalah dengan berkata tidak jujur kita malah memenjarakan diri kita sendiri dalam masalah karena satu kebohongan lainnya dan seterusnya. Radical honest adalah berkata jujur secara radikal. Hal ini memicu mekanisme truth detector dalam otak bawah sadar manusia , yang membuat mereka tercengang dan menghasilkan positiv shock karena mereka ridak menyangka ada orang yang benar2 berani mengatakan sesuatu sejujurnya tanpa tedheng aling aling. Orang yg memiliki radical honesty juga akan merasa lebih bebas secara psikologis karena ia tidak memenjarakan dirinya dalam kebohongan yg harus berulang-ulang demi menutupi kebohonmgan sebelumnya. Mereka mempunyai mindset untuk dapat menerima kata tidak dari mereka yg tidak dapat menerima kejujuran mereka. Hidup mereka pun sudah tenti lebih sehat karena mereka tidak sedang main "drama"  dan tidak bergaul dengan orang2 yg penuh drama.

1 comment:

  1. artikel anda bagus, post lebih banyak materi tentang radykal honesti. sukses selalu kawan

    ReplyDelete